Selasa, 06 Desember 2011

HTML

Mungkin bagi sebagian orang sudah sangat paham dengan bahasa ini. Tapi, masih banyak orang yang belum mengerti tentang hal ini. HTML adalah kepanjangan dari Hypertext Markup Language, yaitu sebuah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML.

Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C). HTML dibuat oleh kolaborasi Caillau TIM dengan Berners-lee robert ketika mereka bekerja di CERN pada tahun 1989 (CERN adalah lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa).

Susunan Tag HTML :
HTML memiliki susunan berupa tag <html> di awal dan diakhiri tag </html> di bagian akhir. Berikut contoh susunan tag HTML :

<html>
<head><title>JUDUL WEB</title></head>
<body>
isi web
</body>
</html>

Keterangan :
<head><title>...</title></head>
Bagian header dari document HTML di apit oleh tag <HEAD></HEAD> di dalam bagian ini biasanya dimuat tag TITLE yang menampilkan judul dari halaman pada titlenya browser. Selain itu Bookmark juga megunakan tag TITLE untuk memberi mark suatu web site. Browser menyimpan “titile” sebagai bookmark dan juga untuk keperluan pencarian (searching) biasanya title di gunakan sebagai keyword. Header juga memuat tag META yang biasanya di gunakan untuk menentukan informasi tertentu mengenai document HTML, anda bisa menentukan author name, keywords, dan lainyan pada tag META.

<body>...</body>
Tag ini berfungsi sebagai tag tempat meletakkan isi dari web.

Sekian informasi dari dasar-dasar HTML. Semoga berguna dan bermanfaat. Amin... :)