Selasa, 06 Desember 2011

Menutup Aplikasi Not Respond di Linux

Sudah lama sekali aku gak posting. Kali ini aku hadir dengan postingan baru tentang linux. Hahaha ... , mungkin ada yang bertanya kenapa kok tiba-tiba aku posting tentang linux ? Jawabannya , karena di tempat aku PSG / Prakerin / Magang kebanyakan komputernya memakai OS Linux , lebih tepatnya yang distro Ubuntu. Posting ini aku mau nge-share cara untuk "Menutup Aplikasi yang Not Respond Melalui Terminal Linux dengan Perintah kill PID"

Oke Langsung saja ke TKP ... ,
Misalnya aku buka aplikasi GIMP Image Editor dan misalnya program tersebut mengalami hang / not respond. Langkah yang harus dilakukan jika ingin menutup program tersebut adalah :
1. Buka terminal linux , ketikkan ps aux maka akan tampak seperti gambar berikut 
2. Teliti tampilan yang keluar dan aplikasi yang sedang dijalankan. Lihat dan teliti PID yang ditampilkan / yang keluar. Misal untuk PID GIMP 2.6 lihat gambar berikut
3. Untuk menutup aplikasi tersebut ketikkan perintah kill PID , misalnya seperti yang aku contohkan ketik kill 5257 untuk menutup program GIMP 2.6 
4. Maka aplikasi tersebut akan tertutup secara langsung , setelah selesai silahkan keluar dari terminal linux dengan perintah exit.
Terima kasih baru itu saja yang bisa aku posting, semoga bisa bermanfaat buat teman-teman semua sobat blogger.
Selamat Beraktivitas ... !!! :)