Jumat, 16 Desember 2011

Pelajaran dari Seekor Kupu-kupu

Mungkin teman-teman sudah pernah bahkan sering mendengar cerita ini, tapi tak apalah untuk bahan renungan kita bersama.
Pada suatu hari :) sampailah waktunya seekor kupu-kupu untuk keluar dari kepompong yang membalutnya, sang kupu-kupu berhasil membuat lubang kecil sebagai jalan keluar, melalui lubang inilah kupu-kupu berusaha sekuat tenaga untuk keluar dari kepompong, kebetulan ada seorang anak kecil yang dari tadi memperhatikan perjuangan kupu-kupu untuk keluar melalui lubang kecil.



Selang beberapa waktu kupu-kupu tersebut berhenti bergerak, kelihatannya dia telah berusaha semampunya dan dia tidak bisa melanjutkan lebih jauh lagi. Akhirnya anak kecil tadi memutuskan untuk membantunya, dia mengambil sebuah gunting dan memotong sisa kekangan dari kepompong tersebut.
Kupu-kupu tersebut keluar dengan mudahnya, dan si anak kecil tadi berpikir "aku berhasil membantu seekor kupu-kupu untuk keluar dari kepompong" tapi apa yang terjadi, ternyata kupu-kupu tadi bukannya menjadi seekor kupu-kupu yang cantik yang bisa terbang kesana-kemari tapi dia terjatuh tidak bisa terbang karena sayap-sayapnya mengkerut, tubuhnya gembung dan kecil. Namun si anak kecil terus memperhatikan karena dia berharap bahwa suatu saat sayap-sayap itu akan mekar dan melebar sehingga mampu menopang tubuhnya yang akan berkembang dengan seiringya waktu, semuanya tidak pernah terjadi.
Kenyataannya, kupu-kupu itu menghabiskan sisa hidupnya dengan merangkak di sekitarnya dengan tubuh gembung dan sayap-sayap mengkerut, dia tidak pernah bisa terbang.
Yang tidak dimengerti dari kebaikan anak kecil tersebut adalah bahwa kepompong yang menghambat dan perjuangan yang dibutuhkan kupu-kupu untuk melewati lubang kecil adalah hukum alam dan jalan Tuhan untuk memaksa aliran cairan dari tubuh kupu-kupu ke dalam sayap-sayapnya hingga menjadikan sayap-sayap tersebut kuat dan siap terbang begitu memperoleh kebebasan keluar dari kepompong.
makna apa yang bisa diambil dari cerita di atas, Hidup adalah Perjuangan, dan perjuangan menghadapi hambatan dan tantangan yang kita lakukan dalam kehidupan ini tanpa disadari memang sesuatu yang betul-betul kita butuhkan atau bahkan jawaban dari apa yang kita minta.
Bisa dibayangkan apa jadinya hidup tanpa hambatan dan tantangan ? hambar rasanya hidup ini, karena dengan perjuangan menghadapi hambatan dan tantanganlah kita akan semakin matang dan semakin siap untuk meraih apa yang kita cita-citakan.
Selalu diperlukan keadaan gawat untuk kemajuan. Karena dengan adanya kegelapan, maka dibuatlah lampu. Sesungguhnya Tuhan itu Maha Pengasih dan Penyayang, kadang Dia tidak memberikan apa yang kita minta tapi Dia memberikan yang terbaik dari apa yang kita butuhkan.
  • Kita memohon kekuatan Tuhan memberi kita kesulitan-kesulitan untuk membuat kita tegar.
  • Kita memohon kebijakan Tuhan memberi kita kita berbagai persoalan hidup untuk diselesaikan agar kita bertambah bijaksana.
  • Kita memohon kemakmuran Tuhan memberi kita otak dan tenaga untuk dipergunakan sepenuhnya dalam mencapai kemakmuran
  • Kita memohon keteguhan hati Tuhan memberi bencana dan bahaya untuk diatasi
  • Kita memohon cinta Tuhan memberi kita orang-orang bermasalah untuk diselamatkan dan dicintai.
Kadang kita tidak mngerti dan mengenal bahkan tidak mau menerima rencana Tuhan padahal justru itulah yang terbaik untuk kita.
Jadi untuk semua yang merasa akhir-akhir ini selalu dirundung masalah, sepertinya ada saja yang menghambat perkembangan dari apa yang dilakukan, yakinlah kawan bahwa keberhasilan dan kesuksesan sudah dekat dengan anda, teruslah bergerak dan berpikir positif, jangan berhenti.
Sukses Untuk Kita Semua