Senin, 12 Desember 2011

PERKEMBANGAN SISTEM OPERASI MICROSOFT WINDOWS

• PENGENALAN SISTEM OPERASI WINDOWS


Microsoft Windows (Windows Operating System) adalah software system operasi yang berfungsi sebagai dasar dalam pengoperasian suatu aplikasi atau software. Dengan
adanya system operasi menyebabkan operasi komputer akan lebih mudah, efektif dan efisien untuk dijalankan, karena disajikan dengan metode GUI (Graphic User Interface) yaitu dengan mode grafik, tampilan yang berbentuk gambar dan lambang (icon atau shorcut) yang mudah dimengerti, ditambah lagi dengan icons tips (teks/ tulisan dari suatu icon/ shortcut yang sedang aktif.



• PERKEMBANGAN WINDOWS:
1. Microsoft Windows 1

2. Microsoft Windows 2

3. Microsoft Windows 3

4. Microsoft Windows 3.1

5. Microsoft Windows 3.11 Workgroup


6. Microsoft Windows 95

7. Microsoft Windows 98

8. Microsoft Windows 2000

9. Microsoft Windows Me (Millenium)

10. Microsoft Windows NT (Next Technology)

11. Microsoft Windows XP (Experience)

12. Microsoft Windows Vista ( Percubaan )

13. Microsoft Windows 7

• PENJELASAN BEBERAPA VERSI WINDOWS


1. Windows 1.0
Dalam prototaip awalnya, ia menggunakan menu yang muncul dari atas ke bawah. Pada Bulan September 1981, nama Interface Manager telah ditukar kepada Microsoft Windows. Windows agak terlewat berada di pasaran iaitu pada bulan November 1983 ketika pesaing-pesaingnya telahpun dikenali dan digunakan umum. Ia mendapat sambutan hebat dipasaran walau ia bolehlah dikatakan satu sistem operasi yang kurang menarik.

Konflik antara Bill Gates dengan Syarikat Apple Komputer memberi kesulitan kepada perkembangan “Windows 1.0”.Sebelum ini Bill Gates bekerja sama dengan pengeluar komputer raksasa IBM (International Bussines Machine) bagi membenarkan penggunaan software MS-DOS pada setiap produk komputer pribadi PC-IBM (Personal Computer). IBM kemudian melesenkan sistem operasi ini dari Microsoft dan merubah nama sistem operasi yang disertakan dalam setiap PC-IBMnya menjadi PC-DOS (Personal Computer - Disk Operating System). Keberhasilan Windows tidak terlepas dari kemunculan program Aldus Page Maker 1.0 for Windows pada bulan Januari 1987, sebuah desktop publishing program yang pertama kali muncul dan benar-benar berasaskan WYSIWYG (What You See Is What You Get), disusul kemudian dengan kemunculan Corel Draw. Ditahun yang sama, Microsoft juga meluncurkan program untuk menulis, Microsoft Word, dan program spreadsheet Microsoft Excel.



2. Windows 2.0
Pada 9 Disember 1987 Microsoft melancarkan Windows 2.0 yang menyerupai sistem operasi pada komputer MacIntosh, iaitu menggunakan icon-icon untuk mewakili suatu program atau fail, mendukung penggunaan expanded memory dan tampilan jendela program yang dapat saling tumpang tindih. Perusahaan Apple Computer menyedari kesamaan ini lalu mengajukan tuntutan ke pengadilan pada tahun 1988 atas tuduhan melanggar kesepakatan perlesenan tahun 1985. Dalam pembelaannya, Microsoft berhujah balas bahwa melalui kesepakatan perlesenan 1985 lalu bererti Apple Computer telah setuju untuk memberikan hak kepada Microsoft untuk menggunakan ciri-ciri yang terdapat pada sistem operasi Apple Lisa tersebut.
Setelah pertarungan selama 4 tahun, akhirnya Microsoft berjaya meyakinkan pengadilan dan diputuskan menang. Pengadilan menyatakan Microsoft berhak atas 170 hak cipta kecuali 9 hak cipta lainnya. Namun ke-9 hak cipta lainnya tersebut menurut Microsoft tidak perlu dilindungi oleh Undang-Undang Hak Cipta. Bill Gates bahkan menuntut perusahaan Apple mengambil sejumlah idea-idea tersebut dari sistem operasi berbasiskan GUI yang dikembangkan oleh perusahaan Xerox untuk komputer Xerox Alto dan komputer Star. Nama Microsoft Windows 2.0 kemudian diganti menjadi Windows/286 setelah Microsoft melancarkan Windows/386.


3. Windows 3.0
Dilancarkan pada tanggal 22 Mei 1990 dengan nama kod “Chicago”. Ia mengalami perubahan besar-besaran dengan kemampuan mengakses memory diatas 640 Kb (conventional memory) dan user-interface yang lebih canggih. Program manager baru yang lebih cepat dan penggunaan system icon. Setahun setelah pelancarannya, ia berjaya dijual sebanyak 3 juta salinan. Setelah itu semakin banyak perusahaan pembuat software yang membuat softwarenya bisa dijalankan di program Windows. Kemudahan menulis (Write) dan menggambar (Paintbrush) juga ditingkatkan kemampuannya.

4. Windows 3.1
Berada dipasaran pada 6 April 1992, versi ini mempunyai beberapa perubahan signifikan dari versi sebelumnya. Sambutan Windows meningkat dalam masa dua bulan saja sudah terjual 3 juta salinan. Perubahan dari Windows 3.0 antara lain :
• mendukung jenis huruf True Type
• kemampuan multimedia
• mendukung Object linking and Embendding (OLE)
• kemampuan mengenali diagnostik kerusakan yang lebih baik
• kemampuan jaringan

5. Windows 3.11 / Windows for Workgroup 3.11
Secara umumnya, versi ini tidak banyak perbezaan dengan ver sebelumnya.Ia hanya memperbaiki dan mengatasi beberapa masalah yang ditemui pada Windows 3.1, yang pada umumnya berhubungan dengan kemampuan jaringan. Kemudian namanya diubah menjadi Windows for Workgroup 3.11
Dipasarkan bulan November 1992, Windows for Workgroup adalah paket pertama yang ditawarkan dengan dukungan penuh untuk komputer yang terhubungkan dalam suatu jaringan kelompok. Mendukung arus data dengan kecepatan 32-bit untuk mengoptimalkan kemampuan procesor Intel 80386 dan. Kemudahan seperti mail antara komputer ditambahkan disamping kemampuan multimedia MPEG-2, sehingga kini komputer dapat juga untuk mendengarkan muzik (jika terdapat soundcard pada komputernya) atau menonton VCD (jika terdapat CD-ROM, soundcard, serta jumlah memory video-card dan RAM yang mencukupi).

6. Windows 95
Windows 95 adalah versi yang sangat ditunggu-tunggu dan ia berada dipasarkan pada 24 Ogos 1995.Walaupun masih ada beberapa masalah (bug) hingga diluncurkan edisi perbaikannya (Windows 95A atau 95B), namun Windows 95 tetap dianggap sebagai sistem operasi yang sangat mudah dioperasikan, termasuk protokol TCP/IP yang terintegrasi, mendukung pemakaian nama panjang 32 karakter. Windows 95 juga tidak memerlukan lagi DOS ketika proses installnya.
Apa yang uniknya ialah versi ini mempunyai Windows Explorer dan fungsi fungsi Recycle Bin iaitu berfungsi mencatat dan mengembalikan file-file yang dihapus (mengingatkan kita pada fungsi UNDELETE dari DOS dengan segala keterbatasannya). Kemudahan menulis diganti dengan WordPad dan kemudahan Internet Explorer 3.0
Mulai Windows versi ini program mengalami perubahan yang besar iaitu menu sekarang tidak lagi ditampilkan pull down menu tetapi pull-up menu. Menu muncul setelah anda mengclick icon Start yang terdapat di sudut kiri bawah layar monitor . Fungsi keyboard kini sudah ditambah butang berlogo Windows yang mempunyai fungsi sama dengan icon Start, terletak disebelah kanan dan sebelah kiri tombol spacebar.
Walau Microsoft menyatakan program ini dapat dijalankan pada komputer berbasiskan procesor 80386 dengan memory 8 Mb, tetapi pada kenyataannya program akan berjalan lambat. Ia memerlukan komputer dengan procesor minimal 80486 dan memory 16 Mb. Ia akan lebih baik lagi pada procesor Pentium. Pemasangannya memakan masa sekurang-kurangnya 30 minit.
Versi kedua Windows 95, iaitu Windows 95A dan 95B adalah versi perbaikan dari Windows 95 asal yang pertama kali dikeluarkan.


7. Windows 98
Akhirnya Microsoft melancarkan Windows 98 pada 25 Jun 1998. Versi ini adalah pengembangan dari Windows 95, sekaligus menjawab teka-teki umum tentang produk terbaru dari Microsoft. Ia dilengkapkan dengan Internet Explorer 4 dan mendukung sistem Universal System Bus (USB), suatu standard input device terbaru di dunia komputer yang kini banyak dibuat. Memerlukan sekurang-kurangnya komputer dengan procesor Pentium dengan memory 32 Mb. Akan lebih baik lagi pada procesor Pentium II. Versi keduanya, Windows 98 SE (Second Edition) diluncurkan setahun kemudian dengan beberapa perbaikan.



8. Windows 2000
Pada Jun 2000 lahirlah Windows 2000 yang merupakan perkahwinan dari Windows 98 yang terkenal user friendly dengan Windows NT (Next Technology) yang terkenal dengan kestabilannya itu. Dengan demikian maka kemampuan Windows 2000 dalam jaringan komputer dapat dioptimumkan, terutama dalam pengelolaan fail, set-up dan keamanannya. Menyertakan Internet Explorer 5.0 untuk internet. Terbagi atas 4 model. Untuk pribadi dan operasi pejabat disarankan memakai Windows 2000 Professional, sementara untuk server disarankan memakai Windows 2000 Server atau Windows 2000 Advanced Server atau Windows 2000 Data Center.
Disebabkan menyertakan teknologi yang diambil dari Windows NT, Microsoft menyatakan Windows 2000 lebih tahan lasak karena menggunakan manajemen memory protection sehingga program menjadi lebih jarang konflik (atau istilah komputernya : hang).
Memerlukan komputer dengan procesor Pentium II dengan memory 32 Mb. Akan lebih baik lagi pada procesor Pentium III dengan memory 64 Mb-128Mb. Pemasangannya memakan masa lebih kurang 1 jam.


9. Windows Millenium (Me)
Beberapa bulan kemudian Microsoft meluncurkan windows untuk komputer pribadi dengan penekanan multimedia yang lebih maju (advanced multimedia) disamping kemampuan yang telah dimiliki seperti pada Windows 2000, namun pengurangan pada kemampuan jaringan kelompok atau LAN / WAN. Microsoft mengatakan Windows Millenium diciptakan untuk mengekploitasi kemampuan multimedia pada processor Pentium III dan Pentium-4 dari Intel, serta pesaingnya iaitu prosesor AMD K-7 Athlon serta AMD K-6 Duron dari Advanced Micro Device.


10. Windows NT (Next Technology)
Windows NT adalah keluarga sistem operasi yang dihasilkan oleh Microsoft, versi pertama yang dirilis pada Juli 1993. Ini pada awalnya dirancang untuk menjadi tingkat tinggi bahasa berbasis kuat, prosesor-independen, multiprocessing, multiuser sistem operasi dengan fitur yang sebanding dengan Unix. Hal itu dimaksudkan untuk melengkapi konsumen versi Windows yang didasarkan pada MS-DOS. NT adalah versi pertama penuh 32-bit Windows, sedangkan rekan-berorientasi konsumen, Windows 3.1x dan Windows 9x, adalah hibrida 16-bit/32-bit. Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Home Server, Windows Server 2008 dan Windows 7 didasarkan pada Windows NT, meskipun mereka tidak dicap sebagai Windows NT.

Meskipun Microsoft berbagai publikasi, termasuk sesi 1998 pertanyaan-dan-jawaban dengan Bill Gates, mengungkapkan bahwa huruf 'NT' diperluas Teknologi Baru 'to' untuk tujuan pemasaran, mereka awalnya berdiri untuk 'N-Sepuluh', yang codename dari Intel i860 NT prosesor yang awalnya dikembangkan untuk. Namun, mereka tidak lagi membawa arti khusus apapun.



11. Windows Experience (Xp)
Walaupun pada dasarnya Win-Xp tetap merupakan sistem operasi 32-bit, versi Windows-Xp Professional disiapkan untuk beroperasi pada level kecepatan 64-bit untuk processor generasi berikutnya buatan Intel dengan nama-kode Ithanium. Windows-Xp terbit di pasaran pada September 2001 (setahun setelah Win-Me).
Win-Xp benar-benar merupakan perombakan secara besar-besaran dari beberapa versi Windows sebelumnya. Misalnya, selain folder My Document, kini juga terdapat folder My Music, My Picture, My Music dengan kemampuan pemutar suara dan video yang lebih banyak dibandingkan versi-versi Windows sebelumnya.
Windows XP tidak boleh dikatakan banyak versi kerana ia datang dengan sistem servis pack.Kini ia ada servis pack 2 dan seperti semua tahu ia ada edisi "Home", "Profesional","Home Edition", "Media Center Edition", "Tablet PC edition", "Profesional x64 Editon". Kesemua edisi ini mempunyai fungsi tambahan masing-masing. Sebenarnya idea untuk membuat sistem servis pack untuk pengguna rumah ini lahir dari windows NT 4.0 yang diperkenalkan untuk kawalan network. Semakin baru servise pack yang kita pakai, semakin selamat komputer kita.


12. Windows Vista
Windows Vista adalah garis sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk rumah dan bisnis desktop, laptop, tablet PC, dan PC media center. Sebelum pengumuman pada tanggal 22 Juli 2005, Windows Vista dikenal dengan nama kode nya "Longhorn" Pembangunan selesai pada tanggal 8 November 2006, selama tiga bulan berikutnya dirilis secara bertahap untuk perangkat keras komputer dan produsen perangkat lunak,. pelanggan bisnis, dan saluran eceran. Pada tanggal 30 Januari 2007, telah dirilis di seluruh dunia, dan dibuat tersedia untuk membeli dan men-download dari situs Web Microsoft. rilis Windows Vista datang lebih dari lima tahun setelah pengenalan pendahulunya, Windows XP, terpanjang span waktu antara rilis berturut-turut Microsoft sistem operasi desktop Windows. Ini digantikan oleh Windows 7 yang dirilis untuk manufaktur pada tanggal 22 Juli 2009, dan untuk masyarakat umum pada tanggal 22 Oktober 2009.

Windows Vista memiliki banyak perubahan dan fitur baru, termasuk antarmuka pengguna grafis diperbaharui dan dijuluki Aero visual style, fungsi pencarian didesain ulang, multimedia tools termasuk Windows DVD Maker, dan dirancang ulang jaringan, audio, cetak, dan menampilkan sub-sistem. Vista bertujuan untuk meningkatkan tingkat komunikasi antara mesin di jaringan rumah, menggunakan teknologi peer-to-peer untuk menyederhanakan file sharing dan media antara komputer dan perangkat. Windows Vista termasuk versi 3.0 dari NET Framework., Memungkinkan pengembang perangkat lunak untuk menulis aplikasi tanpa API Windows tradisional.

Tujuan utama lain Microsoft dengan Windows Vista telah meningkatkan kondisi keamanan di sistem operasi Windows. Salah satu kritik umum dari Windows XP dan pendahulunya adalah kerentanan keamanan sering dieksploitasi dan kerentanan keseluruhan untuk malware, virus dan buffer overflows. Dalam terang ini, Microsoft chairman Bill Gates mengumumkan pada awal tahun 2002 sebuah "perusahaan-lebar inisiatif Trustworthy Computing" yang bertujuan untuk menggabungkan kerja keamanan ke dalam setiap aspek pengembangan perangkat lunak di perusahaan. Microsoft menyatakan bahwa prioritas meningkatkan keamanan Windows XP dan Windows Server 2003 di atas finishing Windows Vista, sehingga menunda selesai.

13. Windows 7
Windows 7 adalah versi Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk rumah dan bisnis desktop, laptop, netbook, tablet PC, dan PC media center Windows 7 dirilis ke manufaktur pada tanggal 22 Juli 2009 dan mencapai ketersediaan ritel umum pada tanggal 22 Oktober, 2009 kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista. Windows server mitra 7's, Windows Server 2008 R2, dirilis pada waktu yang sama.

Tidak seperti pendahulunya, yang memperkenalkan sejumlah besar fitur baru, Windows 7 ini dimaksudkan untuk menjadi sebuah upgrade, yang lebih fokus tambahan untuk baris Windows, dengan tujuan sepenuhnya kompatibel dengan aplikasi dan perangkat keras yang Windows Vista sudah kompatibel. diberikan oleh Microsoft pada tahun 2008 berfokus pada dukungan multi-sentuh, didesain ulang Windows Shell dengan taskbar baru, disebut sebagai Superbar, sebuah sistem yang disebut jaringan rumah HomeGroup, dan perbaikan kinerja. Beberapa aplikasi yang telah disertakan dengan rilis sebelumnya Microsoft Windows, termasuk Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak termasuk dalam Windows 7, kebanyakan bukan ditawarkan secara terpisah sebagai bagian dari tidak ada biaya Windows Live Essentials suite.