Selasa, 13 Desember 2011

Sitemap di blogger

Sitemap di blogger

Cara kerja search engine adalah membaca content yang ada blog kita, terutama halaman utama. Secara logika, mereka tidak mungkin membaca semua halaman blog kita. Kalaupun mungkin, tentu saja akan membutuhkan waktu yang sangat lama dalam membaca blog kita. Bayangkan saja ada berapa milyar situs yang ada di Dunia ini, jika dikalikan berapa halaman web yang ada di dunia, tentu kita tak akan bisa menghitungnya. Supaya memudahkan search engine membaca isi blog kita, akan lebih baik jika mencoba mengarahkan search engine mengenai mana saja halaman web yang harus mereka baca.




Ada beberapa teknik yang digunakan untuk ini, misalnya dengan membuat robot.txt yang bisa mengarahkan mana saja yang memperbolehkan search engine membaca halaman web. Sitemap bisa memandu search engine dan mempersingkat mengenai apa aja yang ada di halaman yang dimaksud. Biasanya jika menggunakan wordpress, saya menginstall plugin sitemap untuk memudahkan kita membuat sitemap atau peta bagi search engine dalam menjelajahi web kita. Namun jika di blogspot, hal tersebut tidak bisa dilakukan. Kita tidak bisa membuat file atau menginstall plugin untuk ini. Namun jangan takut, bagi Anda yang Maniac blogger sebenarnya blogger juga sudah menyediakan sitemap, namanya atom.xml.



So silahkan berikan file ini ke search engine supaya mereka lebih mudah menulusuri web kita. Sitemap adalah peta bagi search engine dalam menjelajahi blog/situs kita.