Selasa, 13 Desember 2011

Struktur Dokumen HTML

Struktur Dokumen HTML

Dewasa ini banyak tersedia program pembuat situs Web yang bersifat ‘drag and drop’ atau WYSIWYG sehingga orang mudah melupakan bahwa dasar dari semua halaman Web masih tetap tag dan kode HTML.

Di pasaran terdapat banyak sekali HTML authoring (software yang digunakan untuk membuat atau mendesain halaman web). Macromedia Dreamweaver, Adobe GoLive, MS FrontPage sekedar contohnya. Tetapi tanpa mengetahui dasar-dasarnya Anda tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Mengapa? Karena walaupun software-software tersebut semakin menawarkan kemudahan dalam membuat halaman web, tetapi biasanya seseorang masih perlu untuk mengedit halaman web tersebut secara manual. Terutama untuk halaman web yang sangat komplek.



HTML yang merupakan kepanjangan dari Hyper Text MarkUp Language memiliki fungsi untuk memformat dokumen teks biasa agar bisa digunakan pada World Wide Web (WWW). HTML bukan merupakan suatu bahasa pemrograman, karena sifatnya yang hanya memberikan tanda (marking up) pada suatu dokumen teks dan bukan sebagai program.
Pada awalnya HTML dikembangkan sebagai subset SGML (Standart Generalized Mark-Up Language). Karena HTML didedikasikan untuk ditransmisikan melalui media internet, maka HTML relatif lebih sederhana daripada SGML yang lebih ditekankan pada format dokumen yang berorientasi pada aplikasi.


File-file HTML merupakan dokumen teks yang diformat menggunakan HTML, maka untuk melakukan penulisan maupun editing dokumen HTML dapat menggunakan berbagai macam editor, dalam hal ini digunakan Notepad
Untuk dapat membuat halaman Web yang heboh, kita tidak bisa hanya menguasai satu jenis perangkat lunak pembuat situs. Kadang kita perlu ‘membongkar’ halaman Web dengan mengutak-atik kode-kode yang membentuk halaman itu. Ini berarti kita paling tidak perlu mengetahui dasar-dasar HTML. Kedengarannya mungkin tidak terlalu membesarkan hati, tetapi HTML adalah bahasa yang sederhana dan menggunakan perintah-perintah logis.


Dengan mengikuti petunjuk-petunjuk sederhana, anda dapat membuat dokumen HTML yang pertama. Setelah mengetahui yang dasar, anda dengan cepat akan dapat menguasai langkah-langkah selanjutnya.


Dalam penggunaannya, sebagian besar kode HTML harus terletak di antara tag kontainer. Yaitu diawali dengan dan diakhiri dengan (terdapat tanda "/"). Struktur dasar dokumen HTML berisi elemen-elemen atau tag sebagai berikut:

<html>
<head>
<title>Judul Form/Caption
</title>
</head>
<body>
ISI WEB
</body>
</html>


maka hasinya akan seperti gambar di bawah ini:

Untuk gambar lebih jelasnya klik saja gambarnya...



Keterangan:
<html> .. </html>
Mendefinisikan bahwa teks yang berada diantara kedua tag tersebut adalah
file HTML.


<head> .. </head> Sebagai informasi page header. Di dalam tag ini kita bisa meletakkan tag-tag TITLE, BASE, ISI INDEX, LINK, SCRIPT, STYLE & META.


<title> .. </title> Sebagai titel atau judul halaman/form. Kalimat yang terletak di dalam tag ini akan muncul pada bagian paling atas browser Anda (pada title bar).


<body> ..</body> Mendefinisikan teks beserta formatnya yang hendak ditampilkan sebagai isi halaman web. Di dalam tag ini bisa diletakkan berbagai page attribute seperti bgcolor, background, text, link, vlink, alink, leftmargin dan topmargin.